RSS

IUPAC & IUPAP Resmi Mengumumkan Dua Unsur Baru Dalam Tabel Periodik Unsur Kimia

11 Jun

to Elements Alphabetical Listing

Tabel periodik unsur kimia oleh Dmitri Mendeleev baru saja diperluas dengan dua entri baru – anggota 114 dan 116. Sebuah panel ilmuwan internasional, kebanyakan fisikawan dan ahli kimia, telah sepakat untuk memasukkan bahan kimia ultra-berat dalam Tabel.

Copernicium dan Roentgenium, 285 dan 272 unit massa atom, masing-masing, adalah pemegang rekor sebelumnya untuk bahan kimia yang paling berat di dunia. Tapi sekarang, tempat mereka diambil oleh unsur-unsur 114, dan 116.

unsur 114, dan 116 masing-masing memiliki unit massa atom 289 dan 292  . Salah satu alasan mengapa masyarakat ilmiah internasional telah mengambil waktu untuk memperkenalkan elemen baru dalam tabel adalah kenyataan bahwa mereka memiliki jangka waktu yang sangat singkat. Mereka dapat berlangsung sekitar satu detik sebelum mereka hancur karena stabilitas melekat mereka.

Kedua unsur radioaktif, para ahli mengatakan. Ketika ditinggalkan sendirian, elemen 116 akan membusuk menjadi unsur 114, yang akan dengan sendirinya hancur. Proses dekomposisi disertai dengan pelepasan partikel alpha.

The International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) mengatakan bahwa hanya 75 atom copernicium telah diidentifikasi. Unsur ini murni buatan dan hanya dapat diproduksi di laboratorium. Atom pertama, elemen cepat membusuk tunggal 114 diproduksi pada tahun 1999, ketika sebuah tim fisikawan Rusia telah membombardir target plutonium-244 dengan kalsium-48 atom. Hujan partikel yang dihasilkan mengandung satu atom baru.

Setahun kemudian, pada tahun 2000, elemen 116 juga ditemukan.Selama bertahun-tahun, para peneliti di seluruh dunia berkumpul  untuk membuktikan bahwa deteksi dari atom-atom ultra-berat bukan semacam kebetulan dalam hasil  statistik.

Akhirnya, IUPAC dan Uni Internasional Fisika Murni dan Terapan (IUPAP)  menyatakan kepuasan dengan meresmikan dua elemen pada tanggal 1 Juni 2011. Para ilmuwan belum memutuskan nama untuk dua elemen, sementara ununquadium disebut (114) dan ununhexium (116). Para ahli dengan Institut Riset Nuklir Bersama di Dubna, Rusia, yang menemukan item, ingin nama flerovium untuk unsur 114 sementara itu untuk unsur 116  dinamai moscovium. Nama yang pertama diambil dari  nama seorang  fisikawan nuklir Soviet yaitu Georgy Flyorov, yang  juga berhasil menemukan unsur Seaborgium dan Bohrium. Ia juga bertanggung jawab untuk munculnya program nuklir Soviet.  Ahli fisika itu menulis kepada Stalin pada tahun 1942, menunjukkan bahwa kurangnya diskusi ilmuwan dari Amerika Serikat di bidang fisika nuklir bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang ganjil. Tiga tahun kemudian ia terbukti benar.

IUPAC dan perwakilan IUPAP juga mempresentasikan dengan bukti awal adanya unsur 113, 115, dan 118 yang masing – masing bernama ununtrium, Ununpentium dan ununoctium. Komite memutuskan bahwa penemuan ini adalah hasil awal yang menggembirakan, namun hasil ini  harus menjadi pelecut semangat untuk  komunitas ilmiah supaya melakukan pekerjaan verifikasi yang lebih detail lagi. Upaya ini secara langsung untuk memastikan bahwa ketiga elemen baru bukan suatu kebetulan statistik semata, laporan Wired.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 11, 2011 in info, sains

 

One response to “IUPAC & IUPAP Resmi Mengumumkan Dua Unsur Baru Dalam Tabel Periodik Unsur Kimia

  1. Panama corporation

    Juni 19, 2011 at 4:11 pm

    Gas mulia adalah unsur-unsur yang terdapat dalam golongan VIIIA yang memiliki kestabilan yang sangat tinggi dan sebagian ditemukan di alam dalam bentuk monoatomik. unsur-unsur yang terdapat dalam gas mulia yaitu Helium He Neon Ne Argon Ar Kripton Kr Xenon Xe Radon Rn .

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: