RSS

SMS Berpotensi Bantu Tingkatkan IQ Anak

22 Apr

Tak ada ruginya jika Anda membiasakan anak-anak memanfaatkan layanan pesan singkat atau short message service (SMS). Layanan itu rupanya dapat membantu kemampuan membaca pada anak-anak. Bahkan, tingkat intelegensi atau intelligence quotient (IQ) anak jadi meningkat.
Itu dinyatakan peneliti dari Conventry University, Inggris, setelah melakukan studi terhadap anak-anak sekolah yang gemar membaca SMS. Sebanyak 114 anak sekolah dari usia 9 hingga 10 tahun berpartisipasi dalam penelitian itu.

Sebagian dari mereka diberikan telepon seluler (ponsel) untuk menulis pesan teks selama 10 pekan liburan sekolah. Sebagian lainnya tak mendapat gadget tersebut. Seluruh anak mendapat serangkaian kegiatan membaca, lengeja, dan tes kesadaran fonologi yang dilakukan sebelum serta sesudah penelitian. Kegiatan itu dipantau selama 10 pekan pula.

Hasilnya, anak-anak yang menggunakan ponsel memperoleh IQ yang lebih tinggi ketimbang bocah yang tak dibekali ponsel. Anak-anak dengan ponsel itu pun mendapat nilai tambah dalam kemampuan mengeja dan membaca.

Pemimpin penelitian Profesor Clare Wood, dose senior di Departemen Psikologi Conventary University pun mempublikasikan penelitian itu dalam Journal of Computer Assisted Learning. Tapi, publikasinya akan dilakukan bulan depan.

Nah, tak perlu khawatir lagi kan mempercayakan ponsel pada anak Anda. Tapi, penggunaannya tetap harus dikontrol.

sumber: http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/01/22/40326/SMS-Berpotensi-Bantu-Tingkatkan-IQ-Anak/882

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2011 in info

 

2 responses to “SMS Berpotensi Bantu Tingkatkan IQ Anak

  1. offshore banking

    April 27, 2011 at 3:09 am

    Hal tersebut dapat menyebabkan anak menjadi emosional.Sebuah penelitian dilakukan oleh peneliti di Universitas California Amerika Serikat UCLA terhadap 13.000 anak di usia sekolah. Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa anak yang lahir dari ibu yang sering memakai ponsel saat kehamilannya memiliki gangguan perilaku seperti hiperaktif dan sulit mengontrol emosinya.

     
    • herjunochondro

      April 27, 2011 at 7:43 am

      walaupun hyper aktif tetapi apabila memiliki IQ tinggih menurut saya tdk masalah

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: