RSS

Penemuan Tulang Retak Mengungkap Teori Kanibalisme Zaman Prasejarah

19 Des

human gnawing on a rib bonegambar di kiri ini adalah bukti kanibalisme zaman prasejarah yang dibuktikan dengan adanya retakan akibat gigitan gigi manusia

Para ilmuwan telah lama melihat bukti kanibalisme prasejarah , seperti tanda tukang daging di tulang .Untuk mengetahui apakah atau tidak manusia gua juga mengunyah tulang manusia, para peneliti pertama harus bisa melihat baik apa bekas gigitan tersebut mungkin terlihat seperti gigitan seorang manusia.

Para ilmuwan telah relawan mengunyah tulang – bukan yang manusia, tetapi iga babi mentah dan kaki domba serta iga babi panggang dan daging kambing direbus.The tulang-gnawers termasuk baik dan Koi orang Eropa dari Namibia.

Para peneliti melihat pola dalam tulang dikunyah – termasuk membungkuk, tepi bergigi dan tusukan permukaan dan alur. Mereka terdeteksi bekas gigitan serupa pada tahun tulang 12.000 dari manusia prasejarah dari Gough Gua di Inggris dan 800.000 tahun masih tersisa dari manusia spesies punah antecessor Homo di situs Gran Dolina di Spanyol.

“Ini membantu memberikan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi sebagai manusia pertama recolonizing Inggris setelah zaman es terakhir,” kata paleoantropolog Briana Pobiner di Smithsonian Institution, yang tidak mengambil bagian dalam studi ini. “Mereka bisa saja berada di bawah tekanan besar atas sumber daya, dan gizi kanibalismemungkin telah merupakan adaptasi untuk itu. ”

Tidak semua bekas gigitan yang unik untuk orang-orang. Namun, para ilmuwan menjelaskan bahwa bila dilihat dalam kombinasi, mereka dapat memberikan bukti menggerogoti manusia.

“Ini akan sangat menarik untuk melihat apakah salah satu toothmarks ditemukan pada awal prasejarah kumpulan benar-benar fosil dibuat oleh manusia sebagai lawan mamalia karnivora,” kata Pobiner LiveScience. “Beberapa spesies sebelumnya Homo akan memiliki otot-otot mengunyah banyak lebih kuat dari kita, dengan kemampuan yang lebih baik untuk melakukan kerusakan tulang daripada kita. ”

Para peneliti rinci temuan mereka pada edisi Januari 2011 Journal of Human Evolution.

sumber: http://www.livescience.com/culture/gnawed-bones-evidence-cannibal-cavemen-101216.html

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 19, 2010 in arkeologi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: