RSS

Daftar 9 Pemain Bola WNI Non Blasteran Yang Bermain Di Luar Negeri

11 Des

Setelah saya melihat timnas Indonesia yang sedang berlaga di AFC Suzuki Cup, saya lihat beberapa pemain naturalisasi di dalamnya. memang kedua pemain naturalisasi tersebut membawa angin segar bagi timnas yang Alhamdulillah melenggang mulus ke putara semifinal. tepapi alangkah bangganya saya dan mungkin seluruh warga Indonesia lainnya jika semua pemain yang bertanding di malam itu pemain tulen dari bumi pertiwi ini…

Jika saya boleh menyarankan PSSI harus merangkul dan mematenkan beberapa pemain muda asli indonesia yang tentunya memiliki kualitas diatas rata- rata dengan bukti bahwa sampai sekarang pemain tersebut masih eksis bermain di liga luar negeri bahkan ada beberapa yang bermain di kasta tertinggi liga masing masing negara…

Berikut ini adalah sepenggal data beberapa pemain berbakat yang dapat saya kumpulkan:

1.Syaffarizal Mursalin Agri (Al Khor junior)

Pemain sepak bola berbakat asal Indonesia telah lahir di Qatar. Namanya Syaffarizal Mursalin. Gw yakin dia tidak pernah masuk dalam radar pemandu bakat dari PSSI. Padahal dia telah berhasil berprestasi di liga negara berperingkat FIFA #95 (Indonesia peringkat #137 per Januari 2010). Pemain berpostur 172 cm dan berat badan 65 kg ini menjadi pemain inti klub Al Khor junior. Dalam kompetisi junior (U-14) Qatar, dia telah mencetak 15 gol. Karena dinilai berbakat, Farri termasuk pemain asing Qatar yang masuk kandidat pemusatan latihan Aspire. Ini merupakan program jangka panjang Qatar untuk membina pemain berbakat yang punya prospek bisa dinaturalisasi menjadi pemain nasional Qatar.Sayang kali rasanya jika talenta muda ini diklaim Qatar,padahal kewarganegaraannya juga Indonesia.

2. Febrianto Wijaya (VfB Stuttgart)

Febrianto Wijaya bergabung di klub anggota Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart. Saat paman Febrianto bernama Pieter Witono dan seorang pebisnis asal Jerman yang juga pengurus Stuttgart, Kurt Jurgen Walter bertemu,Pieter iseng-iseng mengajak pemandu bakat Stuttgart itu menyaksikan Febrianto berlatih di Lapangan Karebosi, Makassar. Tak disangka, Walter langsung tertarik dengan gaya permainan Febrianto.Prestasi Febrianto di pentas sepak bola junior memang cukup mengilap. Mula-mula dia hanya berlatih di SSB MFS 2000, Lalu memperkuat timnas U-14 tahun.Lalu naik kasta ke U-16 dan berlanjut U-17.

3.Irvin Museng (FC Omniworld)

Irvin Museng adalah pesepak bola belia asal Makassar. Asal mulanya adalah saat Irvin dan kawan-kawannya yang tergabung dalam Makassar Football School (MFS) muncul sebagai juara Danone Cup tingkat nasional tahun 2005. Sebagai juara, MFS menjadi wakil Indonesia di Piala Dunia Danone U-12 di Lyon, Prancis, pada September 2005. Penampilan Irvin di turnamen ini ternyata luar biasa. Ia berhasil menjadi top skorer dengan mencetak 10 gol. Prestasi ini mengundang perhatian banyak pemandu bakat, termasuk dari klub Ajax Amsterdam. Namun proses perekrutannya sendiri tidak mudah. Butuh waktu berbulan-bulan untuk meyakinkan Ajax hingga akhirnya mengirimkan surat resmi untuk merekrut Irvin pada Februari 2006. Saat itu usia Irvin baru 13 tahun. Kini walau secara resmi statusnya adalah milik Ajax, Irvin dipinjamkan ke klub divisi dua Belanda, FC Omniworld.

4. Riyandi Ramadhana Putra (Boavista)

https://kabarunikzz.files.wordpress.com/2010/12/1_292063835l.jpg?w=212Riyandi Ramadhana Putra alias Angky (17), salah satu pemain U-21 Pelita Jaya menjalani kontrak selama dua tahun dengan klub Boavista asal Rio De Janeiro, Brasil ini kembali ke tanah air untuk mengisi liburan akhir tahun yang diberikan oleh klub.
Menurutnya, setelah menjalani pelatihan selama 4 bulan, mulai 25 Januari nanti, ia akan memperkuat tim Junior Boza Vista untuk berlaga di Turnmaen Carioca, sebuah turnamen Divisi III Brasil.
“Ini kesempatan emas bagi saya untuk menunjukkan kemampuan, siapa tahu ada agen dari liga Eropa yang melihat permainan saya dan tertarik,” ujarnya.
Angki mengatakan, di klubnya tersebut pemain berusia 17 tahun ke atas sudah dianggap mahir, sehingga porsi latihan teknik dasar tidak banyak diberikan. “Jadi kami memacu diri untuk berlatih sendiri sambil belajar lewat pertandingan yang memang lebih menonjolkan permainan individunya,” ujar Angky.

Rencananya, Angki akan memperkuat tim junior Boavista untuk mengarungi liga bertajuk Carioca yang dihelat 29 Januari-9 Mei 2009. Kompetisi ini akan melibatkan beberapa tim mapan di tanah Brasil seperti Fluminense dan Flamengo.
Dalam kompetisi skala nasional, Boavista berkutat di kompetisi Divisi 3. Namun, dalam kompetisi regional Rio De Janeiro, tim yang berdiri pada 1961 itu bisa dicap cukup representatif karena berlaga di kasta tertinggi, Divisi Utama yang kompetisinya bernama Carioca.

5. Reggy Jakaria (Almania Sittard)

Dia bukan merupakan pemain keturunan Indonesia – Belanda seperti kebanyakan pemain – pemain sepakbola di Belanda yang kita kenal. Tapi Reggy merupakan anak asli Indonesia dan khususnya berasal dari kota Cirebon. Nama lengkap Reggy adalah Reggy Jakaria. Mendengar keterangan dari ayahnya, semangat Reggy untuk membantu memajukan sepakbola Indonesia sudah sangat terlihat dari kecil dimana ia meminta sendiri untuk berlatih dan sekolah khusus olahraga dan khususnya bidang sepakbola di Belanda. Saat ini Reggy bermain untuk sebuah klub di Sittard yang bernama Almania Sittard dan posisinya adalah merupakan pemain sayap kanan.

6,7. Syamsir Alam & M. Zainal Haq (C.A Penarol)

Syamsir AlamSyamsir Alam 

M. Zainal HaqM. Zainal Haq 

Dua pemain timnas SAD (Sociedad Anonima Deportivo) yang tampil di kompetisi ‘Torneo de Honor Quarta Division Uruguay’, yaitu Syamsir Alam dan Mochammad Zainal Haq mendapatkan kesempatan emas untuk mengembangkan kariernya. Kedua pemain ini dipinjam oleh klub CA Penarol, Uruguay, untuk musim 2011.

CA Penarol adalah salah satu klub terbaik Uruguay. Klub berjuluk Aurinegros itu pernah lima kali menjuarai Copa Libertadores dan tiga kali juara Piala Interkontinental. Menurut federasi sejarah dan statistik sepakbola (IFFHS), Penarol dinobatkan sebagai klub terbaik Amerika Selatan abad ke-20.

“Mereka akan bergabung mengikuti latihan tim Penarol pada Januari 2011 untuk mengikuti tes penempatan. Keduanya sudah pasti akan membela tim Penarol U-19 di kompetisi Quarta, tetapi tidak tertutup kemungkinan bermain di tim senior yang berlaga di Liga Primer Uruguay,” kata manajer timnas SAD, Demis Djamaoeddin, di sekretariat PSSI, 22 November 2010.

8. Rigan Agachi (FC. Gecdrop Houta Boras)

http://www.loperkoran.com/wp-content/uploads/2010/11/rigan-agachi1-300x225.jpgRigan Agachi, menyatakan kalau dirinya tidak menutup kemungkinan membela salah satu klub Indonesia dan juga timnas ‘Merah Putih’. Apalagi ia memang orang Indonesia tulen. pemain klub Gecdrop Houta Boras yang tergabung dalam Divisi 1 Liga Belanda itu tampaknya belum ingin kembali bermain di Indonesia dalam waktu dekat karena karirnya masih bagus di Belanda.
Agachi yang berayahkan orang Sukabumi dan memiliki ibu asli Jakarta tersebut memang terlihat antusias bisa berada di Tanah Air lagi. Ia pun masih ingin dan memiliki kans membela timnas Indonesia.

9. Eriyanto (AC Milan)*

Eriyanto sukses membawa Timnya menjadi juara di kompetesi Milan Junior Camp Day Tournament yang diselenggarakan di San Siro, Milan.Pada Kompetisi itu,Pemain berusia 14 tahun ini memperoleh gelar The Best Captain. Kabar terbaru yang sampai sekarang masih diperdebatkan yaitu Eriyanto Dikontrak oleh team AC Milan Junior

NB: kabar ini masih simpang siur dan banyak diperdebatkan orang

Berikut ini adalah data yang berhasil saya kumpulkan hingga detik ini dan jika anda mengetahui pemain indonesia lain yang asli pribumi  alias non blesteran tetapi bermain diluar negeri, anda boleh beri tahu saya namanya atau URL nya terima kasih…

 
37 Komentar

Posted by pada Desember 11, 2010 in indonesia, olahraga

 

37 responses to “Daftar 9 Pemain Bola WNI Non Blasteran Yang Bermain Di Luar Negeri

  1. FAISAL

    Desember 11, 2010 at 1:03 pm

    wah keren2 klo mereka semua membela tim nas …ndak kebayang jadinya gmana
    Datang kblog ane ya
    http://pitaxxx.wordpress.com/

     
  2. andriwibowo19

    Desember 12, 2010 at 3:31 am

    nice info.

     
  3. david

    Januari 1, 2011 at 6:47 pm

    Wah… dari sini kelihatan betapa kurang perhatiannya PSSI.
    Mo jadi apa ni negara??? yang berbakat n punya skill justru ga di perhatikan!!!

     
  4. reza

    Januari 2, 2011 at 12:38 pm

    riyandi, irving sama febrianto kayaknya udah gak updated gan!

     
  5. wira_suherman

    Maret 10, 2011 at 10:20 am

    ya masih banyak pemain indonesia yang main diluar negri salah.. satunya..Arthur irawan..

     
  6. andi firdauz rozak

    Oktober 19, 2011 at 10:21 am

    Coba kalo mereka membela timnas,timnas indonesia bisa disegani di asia bahkan di dunia
    Heheheheheh “MIMPI”

     
  7. Seventen Chaniago

    November 14, 2011 at 9:33 am

    wawww,,, mantap bngat infrmsi n brow…. and lanjut kan… wets brow masih da kann…. brow tambain ARTHUR IAWAN yn skrang bra di club ESPANYOL… LALIGA….

     
  8. mudi

    November 16, 2011 at 9:33 am

    ane pernah liat ada pemain idno yg main di liga norwegia gan
    pernah lita di selamat pagi indonessia(tvone)

     
  9. Irawan Budi Suganda

    November 23, 2011 at 3:37 am

    Salam Semangat, memag harus seperti itu para pemain muda bermain di Klub luar negeri terutama Liga ERopa,Brasil,Uruguay jangan bangga dari jebolan Liga kita (maaf bukannya tidak nasionlisme) tapi untuk saat ini kita perlu para punggawa muda kita merumput dinegeri orang lain supaya generasi sepak bola kita akan jauh lebih kompetitif,kalau melihat liga kita jauh dari kompetitif. Harusnya kita bisa berbenah terlebih dahulu.Saya salut pada punggawa muda kita, target kita paling tidak terbaik ASIA ( Kapan ..?)

     
  10. Kent Tire

    November 23, 2011 at 5:20 am

    ternyata banyak jg anax” INDONESIA yg berkiprah d Luar Negeri…
    dan itu membuktikan bahwa INDONESIA adalah Bangsa yg besar…
    HIDUP INDONESIA , MAJU TERUS TIMNAS INDONESIA

     
  11. dede dichario

    November 30, 2011 at 5:55 pm

    ternyata banyak juga pemain indonesia yang bermain di luar negeri yah…..

     
  12. Xfajar

    Desember 9, 2011 at 3:10 pm

    Masih ada lagi gan pemain indonesia tulen,yaitu BAGAS BANDREAS (main di liga jepang).Dia main di fuji FC,dan katanya dia lagi di incar sama GAMBA OSAKA.

     
  13. Novi Hendri

    Desember 12, 2011 at 2:38 pm

    Mantap..

     
  14. yufi

    Desember 12, 2011 at 7:45 pm

    arthur irawan (RCD ESPANYOL)
    bntar lagi okto, sama andik

     
  15. tony

    Desember 26, 2011 at 8:13 pm

    Mantan Kapten Terbaik di Milan, Kini Hanya Mengurus Domba di Nagrek

    Sumber dan Foto Eriyanto : http://bit.ly/unuHb6

    By. Julianto Simanjuntak**

    Apa yang terbersit di hati Anda saat mendengar atau membaca nama SBY? Bagi Eriyanto, mungkin adalah “janji akan di sekolahkan dan meraih cita-cita”. Bagi penulis juga janji-janji SBY Saat kampanye beliau.

    Siapa Eriyanto ? Dia adalah kapten yang membawa The All Star Team Milan Junior Camp juara di Milan Junior Camp Day Tournament di Italia, 2010 lalu. Dia juga terpilih sebagai kapten terbaik. Sebuah prestasi yang luar biasa dari warga Indonesia di tingkat dunia.

    Di Italia, tim Indonesia mengalahkan empat tim asal Eropa dan Amerika Latin. Termasuk mengalahkan tim Italia pada babak final. Tapi kini Sang Kapten terbaik di Italia ini hanya gembala domba di desanya.

    Perjuangan kami tak mudah, tapi kami berhasil,” kata Eri. Ia pun tak pernah membayangkan bisa “merumput” di Italia. Apa harapan Eri untuk masa depannya? Cukup sederhana. “Saya ingin melanjutkan sekolah dan ingin menjadi pemain tim nasional”.

    Beruntung Eriyanto dibawa Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng ke Istana Negara bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam pertemuan tersebut, Presiden berjanji menanggung semua biaya sekolah Eriyanto, dan akan diberikan kehidupan layak.

    Tapi setelah Satu tahun lewat janji itu ternyata hanya janji. Harapan Eriyanto menjadi pemain sepak bola nasional yang handal hanya mimpi. Eriyanto berasal dari desa Nagrek. Orangtuanya bekerja sebagai buruh. Itu sebabnya Eriyanto terpaksa menggembala ternak setelah pulang dari sekolah.

    Entah siapa yang salah. Yang jelas presiden sudah MEMERINTAHKAN

    Andi Mallarangeng: “Andi, Tanyakan kepada mereka, apa harapan dan cita-cita. Mau menjadi pesepakbola atau memilih karier lainnya. Bisa berhasil sebagai pemain bola, sekolah, atau profesi lainnya”

    Itulah pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Andi Mallarangeng, saat menerima sejumlah anak-anak muda berbakat negeri ini, beberapa waktu lalu.

    Lupakah Andi terhadap instruksi Bosnya? May be yes may be no.

    Betapa bangganya Presiden, juga kita semua, karena Bendera Merah Putih berkibar di Stadion San Siro, Italia. Baresi dan Paolo Maldini (mantan pemain Milan) yang menjadi juri juga bangga terhadap Eriyanto. Tetapi kebanggaan itu hanya sesaat.

    Satu tahun kemudian, di penghujung 2011, perjalanan hidup Eriyanto, sang kapten terbaik pilihan para legenda AC Milan, kini kian redup. Dia gagal masuk timnas U-16 Championship 2012. Alasannya Eriyanto terlambat menyerahkan berkas administrasi. Sedih. Alasan Administrasi mengalahkan instruksi Presiden.

    Kini Eriyanto harus menjalani hidup seperti anak kampung lainnya. Sepulang sekolah mencari rumput untuk memberi makan domba-domba peliharaannya. Kapten Terbaik Milan Junior Tournament itu Kini hanya mengurus Domba.

    Inilah harapan Eri pada Presidennya:

    “Saya berharap pemerintah segera merealisasikan bantuan itu. Saya butuh banget untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Nyatanya sampai saat ini enggak ada. Janji itu sebatas mimpi”

     
    • Nyoman

      Mei 14, 2012 at 4:01 am

      Sayang sekali talenta muda seperti Eriyanto ini ditelantarkan. disini semakin terlihat bahwa kurang berkembangnya prestasi olah raga dinegara kita ini karena kurangnya perhatian dari intasi2 terkait terhadapa talenta2 muda yang kita punya. kalaupun ada hanya sebatas pencitraan saja sementara realisasiny nol besar…

       
  16. bagoez

    Desember 28, 2011 at 7:01 pm

    dgn adanya pemain” berbakat yg merumput di luar negri. mudah2an beberapa tahun ke dpn indonesia bisa berlaga ke piala dunia…… amin

     
  17. Teru

    Desember 29, 2011 at 5:23 am

    Arthur irawan (espanyol/spanyol)
    The next andik vermansyah (porto atau benfica)

     
  18. alamsari

    Januari 2, 2012 at 9:39 am

    sy sangat senang membaca berita ini..dan inilah berita yg sdh lama sekali sy cari tentang kabar M RIGAN AGACI yg orang cipulir jakarta..tks

     
  19. wildan

    Januari 14, 2012 at 8:20 am

    cuman sayang gan eriyanto…
    ane pernah nonton d salah satu stasiun tv pas teleconference dgn mentri andi malarangeng, dy nolak gan diajak bwt ikut pemusatan pelatihan
    sedikit kecewa juga dy kok g mau ikut, padahal klo mau maju mendingan dy langsung terima tawaran kyk gt

     
  20. Mohammad Romdhoni

    Januari 17, 2012 at 9:49 am

    Berapa tahun lagi mereka bisa kum pul buat maen bola bareng membela laskar merah putih. . . . ??
    kalo’ mereka bisa maen bareng di tim nas indonesia Piala dunia Bukan mimpi lagi untuk di raih. . . . . . .

     
  21. Shobarudin

    Januari 19, 2012 at 1:35 pm

    Knpa mrka ga da yg msk timnas yuach…

     
  22. R Ady Yuda

    Maret 7, 2012 at 2:59 pm

    bntar lg gue yg akan maen di luar negeri brow ! tpatnya fC AMBURADUL . .

     
  23. Kusmedi

    April 11, 2012 at 6:59 am

    Bangga jg bnyk orang indonesia pinter bola,synk pssinya qzruh

     
  24. anwar

    April 21, 2012 at 4:33 am

    semua pemain yang ada di indonesia yang prof atau yang amatir asal mendapatkan perhatian yang layak dari jajaran yang berwenang pasti akan menjadi sesuatu yang yang dapat di banggakan indonesia di kelak kemudian hari. pastinya timbul pertanyaan kepada mereka. ” pak PSSI bagai mana ini ?????” BUTUH JAWABAN

     
  25. sonny

    Juni 5, 2012 at 5:23 pm

    yang pasti namanya indonesia semuanya titipan,pelatih,pejabat,saudara…kaloe memang betul murni mungkin dari dulu indonesia bisa…tapi dasrnya kkn sulit dihilangkan…..ada uang abang sayang tidak ada uang abang melayang,itu yang saya tahu makanya eriyanto,dan kwn2 tidak lolos karena bakat alam dan kampung dan pelatihnya orang kurang berada(dari persipura tempoe doeloe),tu kaloe mau ambil tim dari makasar rekanan andi malaranggeng kejuaraan u18 antar benua thn2009..di jerman ( INDONESIA CHAMPION )…buktinya.. ditutupin oleh pssi.. nol besar PSSI !

     
  26. dayat

    Juni 25, 2012 at 10:42 am

    aduh PSSI, jangan mikirin duit2 aja, kalau kaya gini menjadi team terkuat se asia tenggara aja menghayal kali, apa lagi asia “mimpi”

     
  27. dendi

    Juli 10, 2012 at 5:36 pm

    PSSI terlalu banyak ikut campur politik, sehingga pemain2 berbakat muda indonesia jadi korban… tolong diperhatikan lagi..

     
  28. Saadiyan Ahktarsyah (@Saadiyan_BP7)

    Juli 14, 2012 at 4:10 pm

    semoga lembaga yang mengurus sepak bola indonesia lebih teliti lagi dalam menyeleksi pemain….
    dan semoga pemain-pemain bergakat yang main di lluar bsa masuk skuat timnas INDONESIA

     
  29. rian pati

    Juli 20, 2012 at 7:19 am

    yah x-an cuma ngmg aja,,buat acara penggalangan dana untuk ‘eriyanto’ dan trutama bkat2 calon timnas muda q-ta,tunjukan pada mata pemerintah q-ta, bahwa q-ta bisa naik tanpa tangga.. kalau egak q-ta spa lg yg peduli? secara dijaman sekarang,orang cuma ngurusin kerja dan duit untuk mereka sendiri..kalau cuma ngisi koment sama jelek2in orang atas disini..PERCUMA !! buka hati x-an,pandang langit diatas,egak mungkin q-ta naik kesana tangan kosong..ayo yg minat q-ta sama2.mksh

     
  30. taslim da

    Juli 21, 2012 at 11:43 pm

    dasar pssi maunya duit mulu,perhatikan tu bakat2 muda…jgn mikirin jabatan trus

     
  31. mr.tambunan

    Juli 21, 2012 at 11:51 pm

    buat pa bnyak pemain indonesia yg bermain diluar negri………………….
    kalau tidak pernah masuk timnas…………….
    kapan kami(rkyt indonesia) bisa melihat aksi
    mereka d lapangan hijau………….

     
  32. OCTA

    Juli 26, 2012 at 2:38 pm

    bomat

     
  33. raihannulkaffi

    Juli 28, 2012 at 1:44 am

    kabagi mana saya masuk jadi pemain bola junior saya ingin masuk pemain bbola junior menjadi penjaga gawang

     
    • raihannulkaffi

      Juli 28, 2012 at 1:45 am

      kalau ada yg tau sms saya di fb raihannulkaffi

       
  34. Gengsu

    Oktober 18, 2012 at 7:51 am

    Kl boleh aq ngusul ne, tu anak2 Indonesia yg main diluar negeri dijadikan satu tim dan di adu sama2 pemain Timnas U-22 or dibawahnya. Dari situ baru kita lihat mana yg terbaik untuk masuk ke Timnas….

     
  35. adrian wijaya

    Februari 1, 2013 at 5:23 pm

    indonesia memang mempunyai pemain” bagus

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: