RSS

Bukti Otentik Indonesia Pernah Menjadi Kekuatan Militer Terbesar di Dunia

19 Nov

Pada tahun 1960-an, Era Presiden Sukarno.
Kekuatan militer Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Bahkan pada saat itu, kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia. Hingga membuat Amerika menjadi sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.
Saat itu pada tahun1960, Belanda masih bercokol di tanah Irian Jaya yang kini lebih dikenal dengan nama Provinsi Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang semakin lama semakin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka walaupun ebenarnya masih dibawah kendali pemerintah Belanda.
Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, dengan tujuan untuk merebut kembali tanah Irian jaya yang sudah sejak lama terkenal dengan hasil tambangnya. Sukarno segera mengeluarkan maklumat “Trikora” di  Yogyakarta, yang isinya adalah:
1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.
Berkat kedekatan antara Presiden Indonesia dengan Sovyet, Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran di bidang militer. Diantaranya, armada laut dan udara  termaju di dunia pada waktu itu dengan nilai total yang fantastisdi kisaran US$ 2.5 milyar. Walauapun sudah jauh menurun, hingga saat ini kekuatan militer Indonesia menjadi salah satu kekuatan militer yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.
Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu terletak pada salah satu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Kapal yang sanggat canngih pada masanya itu diberi nama KRI Irian, kapal pemberian Sovyet ini ditaksir memiliki bobot ekstra besar yaitu 16.640 ton dengan kapasitas awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Perlu diketahui Sovyet tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).



Selain angkatan laut yang kuat, Indonesia juga memiliki angkatan udara yang  menjadi salah satu armada udara paling mematikan di dunia.angkatan udara tersebut  terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :
1. 20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.
Kekuatan utama angkatan udara Indonesia terletak diPesawat MiG-21 Fishbed. Pesawat jenis MiG-21 Fishbed ini merupakan  salah satu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda sendiri yang menguasai daerah irian jaya masih mengandalkan pesawat-pesawat kuno peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang yang kalah jauh dengan pesawat indonesia terjelek sekalipun.
Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 dapat dibuktikan di Perang Vietnam. Karena saking canggihnya sampai – sampai  Amerika harus mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, yang merupakan pusat latihan pilot-pilot terbaik di Amerika yang kini lebih  dikenal dengan nama TOP GUN.



Selain kehebatan armada laut dan udara Indonesia juga ditunjang oleh 26 armada pembom jarak jauh strategis berjenis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Dengan adanya armada ini  Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Madiun.
Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.
Selain itu semua Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.
Ini semua membuat Indonesia menjadi salah satu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari tanah irian jaya, dan memaksa untuk menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Irian jaya dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.
 
55 Komentar

Ditulis oleh pada November 19, 2010 in indonesia

 

55 responses to “Bukti Otentik Indonesia Pernah Menjadi Kekuatan Militer Terbesar di Dunia

  1. reganny

    November 20, 2010 at 2:36 am

    wah hebat ya kita jaman pa karno,,,coba beliau ga di tusuk dari belakang oleh penghianat bangsa kita yaitu penguasa orba ,,,,kalo pa karno masih mimpin bangsa kita ane yakin kita udah bisa jadi kekuatan terbesar di dunia karna sumber kekayaan kita amat melimpah

     
  2. allyz

    November 20, 2010 at 6:12 pm

    ini menjadikan bukti bahwa soekarno adalah presiden terbaik yg pernah ada di indonesia…krn diplomasi yg hebat sehingga indonesia ditakuti oleh dunia….

     
  3. tuitbolot

    Januari 16, 2011 at 2:16 pm

    mantap deh gan kalau kita pernah jadi superpower.

     
  4. dhio saputra

    Januari 16, 2011 at 2:53 pm

    coba aja sampe sekarang masih jadi salahsatu yang terkuat di dunia…

     
  5. Febrian

    Januari 16, 2011 at 3:34 pm

    Hebring euy Indonesia jadul,ga kyk Indonesia jarang(jaman skrng).He….4x

     
  6. arief

    Januari 16, 2011 at 10:50 pm

    Soekarno adl presiden yg brbuat untuk kemajuan bangsa… prsiden skarang…….???????

     
  7. regis

    Januari 16, 2011 at 11:27 pm

    Sebenarnya indonesia bisa dan bisa, hanya saja kalo sekarang ingin seperti tahun 60an, pasti sulitlah…sebabnya pertama pasti banyak yang protes alias demo…dst.

     
  8. Fahrie

    Januari 16, 2011 at 11:33 pm

    Indonesia dilawan…! hehe

     
  9. badroen

    Januari 17, 2011 at 1:30 am

    Udah gak jamannya negara punya kapal perang sekelas ‘Battleship’, udah bikinnya lama, susah, mahal-mahal eh malah gampang banget ditenggelamin ama pesawat tempur kecil (apa mungkin karena itu Sovyet ngasih ke Indonesia? Fungsinya paling buat deterrence alias perang psikologi doank) …

    MIG-21 juga bukannya jelek ya kualitasnya, di perang Arab-Israel tahun 1967 bukannya banyak yang hancur kalah kelas ama Mirage?

     
  10. Gambar seronok

    Januari 17, 2011 at 2:23 am

    mantap gan…

     
  11. Teguh hamas

    Januari 17, 2011 at 3:21 am

    president terbaik indonesia adalah soekarno dan hatta
    sedangkan president terburuk indonesia adalah SBY Dan Budiono

    HIDUP INDONESIA !!!
    Alloh Maha Besar

     
  12. solotrends

    Januari 17, 2011 at 5:22 am

    maju terus Indonesiaku !!!!!!!!!!!

     
  13. herman velany

    Januari 17, 2011 at 5:48 am

    nah maka dr itu bangsa kita mental nye jaman skrg kropos,,ky tempe,,,caoba jaman soetta,,mental kita mental harimau,,,amerika otak kancil licik,,main alus dia,,,,lwt jajah ekonomi,,budaya,,dll,,,

     
  14. exotic car gallery

    Januari 17, 2011 at 6:55 am

    wah keren bgt indonesia… tapi sekarang pemimpin kita mentalnya kayak tempe… manja, cengeng, dikit-dikit minta ini itu kayak anak TK malahan saya lebih hormat ama anak TK dari pada ama pejabat banci kayak sekarang ini huh beda bgt ama pahlawan kita jaman dahulu.. mereka membela negara tanpa harus digaji bahkan jauh dari fasilitas yang macem-macem, tapi mereka rela demi negara

     
  15. fery

    Januari 17, 2011 at 8:50 am

    mmng hbt pak karno..
    law skarang bnyak korupsinya….
    jd g’ bs beli pa2..

     
  16. Info Cuma Cuma

    Januari 17, 2011 at 9:50 am

    Iswahjudi di Madiun prasaan…dulu disurabaya ya,,,g tau ane

     
  17. asoy coy

    Januari 17, 2011 at 10:18 am

    modal utama emang mental dan sikap setiap orang untuk membangun negeri ini lebih maju plus ditambah tuntunan dari yang Maha Kuasa.

     
  18. bokep

    Januari 17, 2011 at 10:18 am

    iya kah gan ??

     
  19. Franciscus Ronny Putradjaja

    Januari 17, 2011 at 11:19 am

    indonesia juga beli jet fighters dari united kingdom in early 90’s

     
  20. Blogiztic

    Januari 17, 2011 at 11:20 am

    yang komentar oada semrawud..malah ngejelek2in pak SBY segala…
    jaman dulu ya dulu, sekarang ya sekarang..mungkin Indonesia dulu menang karena lebih maju, nah sekarang Amerika lebih maju karena mereka giat…coba kalo Indonesia juga gitu, pasti lebih dari Amerika…gak usah salahin SBY, salahin diri sndiri yang nggak mau berusaha…bisanya ngejek doank…kalo mau tau efeknya ya bantu SBY perangi korupsi…gak usah kebanyakan demo….

     
    • Garuda di dadaku

      Januari 18, 2011 at 8:33 am

      Betul… setuju banget ma bro… Ga usah pake salahin Pak SBY segala. Intopeksi diri sendiri aja. Kenapa kita bisa tertinggal? karena kita memang malas. bisanya cuma minta ini dan itu. kayak anak TK.. Majulah Indonesia!!

       
  21. Orang Gaptek

    Januari 17, 2011 at 12:06 pm

    Ganti Semua Pengurus PSSI Sekarang…

     
  22. Kayun79

    Januari 17, 2011 at 2:46 pm

    Sy sependpt dgn Blogiztic. Kan sdh jelas dlm Al Qur’an, Allah tidak akan merubah nasib suatu kaumnya, kecuali kaumnya itu sendiri yg merubahnya. Indonesia itu klo tuk berkomentar paling jagonya/ bisanya cm nyalahin sj. Cb cr solusinya & ikut andil menjalankan program2 dr pemerintah demi kemajuan bangsa kita yg tercinta ini.

     
  23. kadir

    Januari 17, 2011 at 3:02 pm

    ane hanya berharap pada mahasiswa/siswi sekaran untuk membuktikan bahwa kalian sebagai penerus bangsa…. tunjukan kemampuan kalian…. jangan hanya bisanya demo yang gak moto…. demo boleh selagi itu di butuhkan… kami sebagai generasi yang udah kelewatan hanya berharap pada kalian… selamat berjuang adik-adik ku…. kami masih mempercayai/ dan berharap pada kalian….

     
  24. wa ka ka

    Januari 17, 2011 at 3:08 pm

    emang bener gan , di perang 1967 , mig-21 ky’nya kalah pamor ma mirage .
    balik lg ke “man behind the gun” , andai aja pkai onta . . .??

     
  25. ator

    Januari 17, 2011 at 3:58 pm

    Akan lebih maju dalam bidang senjata solusinya sbb:
    1.Kita sebagai bangsa indonesia dan pemerintah sebaiknya menggalakan
    terutama bagi kaum intelektual dan ahli saint untuk berlomba membuat
    rancangan senjata dan hal ini di masukan dalam agenda taunan
    2.Dalam setiap universitas terutama perlu ada mata kuliah jurusan teknik
    senjata
    3.Pemerintah dalam badan khusus perlu merekrut orang orang kreatif dan
    diarahkan dalam bidang senjata dan didik secara khusus
    Dari ketiga poin itu tentunya sudah cukup dan pemerintah tinggal mengawasi secara disiplin supaya tidak terjadi penyalah gunakan.
    Dalam bidang senjata tidak perlu beli apabila hal tersebut bisa berjalan dan tentunya indonesia bisa swasembada senjata bahkan bisa eksport.

     
  26. herman

    Januari 17, 2011 at 4:08 pm

    SAYA SANGAT SETUJU GAN
    Akan lebih maju dalam bidang senjata solusinya sbb:
    1.Kita sebagai bangsa indonesia dan pemerintah sebaiknya menggalakan
    terutama bagi kaum intelektual dan ahli saint untuk berlomba membuat
    rancangan senjata dan hal ini di masukan dalam agenda taunan
    2.Dalam setiap universitas terutama perlu ada mata kuliah jurusan teknik
    senjata
    3.Pemerintah dalam badan khusus perlu merekrut orang orang kreatif dan
    diarahkan dalam bidang senjata dan didik secara khusus
    Dari ketiga poin itu tentunya sudah cukup dan pemerintah tinggal mengawasi secara disiplin supaya tidak terjadi penyalah gunakan.
    Dalam bidang senjata tidak perlu beli apabila hal tersebut bisa berjalan dan tentunya indonesia bisa swasembada senjata bahkan bisa eksport.

     
  27. My Pdf Search

    Januari 17, 2011 at 4:41 pm

    wah indonesia ngeri ternyata ya gan

     
  28. usa daily news

    Januari 17, 2011 at 5:11 pm

    kapan negara kita jaya lagi yaaa ???

     
  29. yosan

    Januari 18, 2011 at 2:52 am

    nah udah tahu kan, bedanya pemimpin jaman dulu ama skrng…makanya ojo melu politik deh ( politik =tikus rakyat)….cari pemimpin sprti presiden Iran.

     
  30. yosaphatkote

    Januari 18, 2011 at 8:27 am

    gila… Gua baca aja ampe merinding…. coba sekarang Indonesia tetap seperti itu,…

     
  31. wildancahyo

    Januari 18, 2011 at 8:31 am

    Hidup Indonesia, Nice Info dan Nice Posting gan..

    Ane ngga nyangka ternyata Indonesia begitu hebat, marilah kita ubah Indonesia yang kini menjadi Indonesia yang hebat seperti dulu

     
  32. bella

    Januari 18, 2011 at 12:50 pm

    aq akan selalu mengenang mu seumur hidup ku

     
  33. jimmmy

    Januari 18, 2011 at 2:11 pm

    Dapet info darimana? Apa bisa dipercaya?

     
  34. Radenmas

    Januari 18, 2011 at 3:00 pm

    jadikan kejayaan masa lalu sebagai pemacu untuk kebangkitan indonesia di masa yang akan datang..

     
  35. Jukir

    Januari 18, 2011 at 3:38 pm

    Submit tulisan anda di Jukir.Com, Situs bookmarking terbaru 2011.

    Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan blog kita semua!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger berbagai review/tulisan di Jukir.Com.

    Salam hangat

    Jukir.Com

     
  36. Ratih Putri

    Januari 18, 2011 at 7:47 pm

    bandara Iswahyudi bukannya di Madiun?

     
  37. h3ri

    Januari 18, 2011 at 11:46 pm

    keren oy, ternyata indonesia bisa, sayang sekarang pemimpin kita lebih memikirkan perut sendiri

     
  38. nurdin halid

    Januari 19, 2011 at 12:45 am

    Coba pesawat-pesawat sekarang bisa gw naturalisasi….

     
  39. Bandot tua

    Januari 19, 2011 at 1:03 am

    Buat anak mami bangun dan sadarlah ,jangan bisanya cuma merengek…..ayo singsingkan lengan baju,,,mari kita bangun Indonesia Jaya
    GARUDA DI DADAKU…….

     
  40. psng

    Januari 19, 2011 at 1:12 am

    bukti puluhan kapal dan pesawat tempur canggih sekarang di mana yaa…. ? jangan jangan ditarik kembali oleh sovyet……. atau mungkin dijual kembali ..??

     
  41. handbags

    Januari 19, 2011 at 2:04 am

    MERDEKA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  42. flamemantis

    Januari 19, 2011 at 2:56 am

    indonesia pasti bisa kembali menjadi salah satu yg paling ditakuti di dunia jika bangsa ini mau berusaha keras dan menghilangkan kebiasaan buruk pejabat negri ini yang suka menumpuk kekayaan pribadi. Dan karena itu sekarang bangsa ini sedang dalam proses kehancuran karena proses pembodohan dan pemalasan oleh bangsa barat.

    Jayalah negriku
    hidup Indonesia

     
  43. Pak Dul

    Januari 19, 2011 at 2:39 pm

    Semua bangsa indonesia jangan kawatir suatu saat indonesia akan berjaya kembali seperti jaman Majapahit.Hal ini sudah tertera dalam kitab kuno yaitu kitab(………..maaf rahasia bung) dengan ditandainya meletusnya Merapi kemarin pada tanggal 26 oktober 2010.Tapi ini bagi yang percaya pada ramalan ilmu kejawen.

     
  44. rzt

    Januari 29, 2011 at 2:10 am

    Dan semuanya kan hanya bantuan dari USSR. Itu juga karena mereka punya agenda sendiri mengingat perang dingin antara USSR dan USA. Tidak menunjukkan kebesaran Indonesia tapi kebesaran USSR yang memberikan begitu banyak artileri dan peranti perang dengan niat agar Indonesia bisa menjadi counterpart mereka dalam mengatasi USA dan koloninya (baca: Belanda)

     
  45. kasmuri

    Februari 8, 2011 at 10:13 am

    mantap kalo ada bung karno – bung karno yang laen, indonesia bisa jadi penguasa dunia……………….yang baik.

     
  46. Joko Purnomo

    Februari 27, 2011 at 8:33 am

    Izin share ya Gan..

     
  47. nobon

    Mei 19, 2011 at 10:51 am

    Kalo gak ada PBB, MALAYSIA UDAH JADI PROPINSI KE 28 SETELAH IRIAN BARAT kali ye…..

     
  48. T H H . . . !!!

    Juni 18, 2011 at 8:55 pm

    Tahukah Anda?
    Ini adalah perbedaan besar antara anak SMU jaman Sukarno Hatta dengan anak SMU sekarang.
    1. Di masa penjajahan Belanda, seorang anak SMU (HBS, Hogere Burger School) menguasai 4 bahasa sekaligus, Belanda, Inggris, Perancis, dan Jerman.
    2. Selama tiga tahun masa sekolahnya diwajibkan membaca minimal 25 buku sastra kelas dunia dari 4 bahasa itu.
    3. Mereka diwajibkan membuat sekurang-kurangnya 100 tulisan, baik ilmiah maupun karya sastra.
    Lihat buku-buku besar bacaan Sukarno-Hatta waktu masih di HBS di file “Rahasia Keunggulan Para Tokoh Besar” (http://imperiumindonesia.blogspot.com/2007/08/if-i-have-been-able-to-see-further-it.html). Menguasai bahasa asing, seperti Inggris, berarti menguasai bahasa ilmu pengetahuan dunia. Menguasai 4 bahasa, berarti mempunyai akses dan menyerap ilmu pengetahuan besar jauh lebih banyak.

    Bagaimana anak Indonesia sekarang?
    Menurut budayawan Taufik Ismail (Kompas, 4 Desember 2007), anak-anak sekarang paling hanya membuat 1 tulisan setahun. Jumlah bacaannya pun sudah begitu sedikit, dan mungkin mereka tidak pernah sekalipun pernah membaca buku dalam bahasa Inggris, apalagi bahasa lainnya. Dan harga buku sekarang juga sangat mahal, selain itu akses pada buku-buku pengetahuan yang bagus pun sangat terbatas. Dan jangankan menguasai 4 bahasa sekaligus, 1 bahasa Inggris saja sekarang sudah pas-pasan.

    Tahukah Anda ?
    Salahsatu kunci Kebangkitan Eropa, Renaissance, adalah penemuan Mesin Cetak Gutenberg. Akibat Mesin Cetak ini, buku menjadi jauh lebih murah dan mudah didapat di seluruh Eropa. Apa hasilnya? Ini menciptakan terjadinya Revolusi Besar terhadap akses Eropa kepada seluruh pengetahuan terunggul dunia. Seluruh Eropa dilanda demam membaca, dan proses belajar serta kecerdasan Eropa akhirnya melampaui bangsa-bangsa lainnya. Eropa menguasai dunia.

    Jepang di jaman kebangkitannya, Restorasi Meiji, mengimpor habis-habisan teknologi Revolusi Industri dari Barat (Eropa dan Amerika). Tapi sebelum itu, mereka mengimpor habis-habisan beragam buku tentang peradaban Barat, sejarah, proses pembelajaran, sains, dan teknologinya. Dengan pengetahuan yang luas, penyerapan teknologi baru di Jepang jauh lebih mudah. Mereka bahkan punya badan khusus untuk mempelajari buku-buku Barat, “Bansho Shiraibesho”, Institut Penelitian Buku Asing.

    Mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada umat manusia adalah ilmu, yang kemudian terangkum, dalam sebuah buku.

    Bagaimana dengan orang-orang terbesar dalam sejarah dunia? Alexander the Great, Napoleon Bonaparte, Kennedy, Leonardo da Vinci, Einstein, Andrew Carnegie, Bill Gates, darimana sumber kekuatan dan pengetahuan unggul mereka?

    Jadi apakah kebangkitan peradaban semata-mata adalah kebangkitan pengetahuan manusianya? Dan itu bisa mulai dilakukan dengan masalisasi pengetahuan unggul, lewat buku?

    sumber: http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-22531.html

     
  49. Miro Laziale

    Desember 1, 2011 at 8:51 am

    .

     
  50. ARIO FANSURI

    Desember 20, 2011 at 7:57 am

    Klo kita memiliki kekuatan sebesar itu dari uni sovyet..
    pasti ada maunya lah..
    dan sudah kita ketahui, bahwa Komunis, meskipun sudah diberantas..
    sempat bercokoL cukup Kuat di Indonesia…
    dan Bung Karno yg dijadikan Kambing Hitam oleh Masyarakat…
    karena seperti memihak kepada Blok Timur…

     
  51. Fahmy As

    Juni 18, 2012 at 11:54 pm

    NICE INPOH GAN

     
  52. Sii Dayat Ank Bachtiar

    Oktober 17, 2012 at 5:14 pm

    jangan banyak bicara !
    buat dan lakukan sekarang pada diri anda ,,..

     
  53. gusty umbu sunga

    Maret 1, 2013 at 2:18 pm

    hebat indonesia jaman pa soekarno. Skrg tdak lagi, tapi hebatx cuman di korupsi uang

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: